Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Makanan yang disarankan untuk penderita syaraf kejepit beserta makanan yang perlu dihindari


Hernia nukleus pulposus (HNP) atau yang lebih dikenal dengan saraf terjepit adalah suatu kelainan dimana terjadi penekanan pada saraf di tulang belakang sehingga menyebabkan gejala berupa nyeri pada daerah pinggang atau punggung.

Jika sedang menderita syaraf kejepit sebaiknya jangan sampai diabaikan karena rasa sakit yang tak segera ditangani bisa menjadi lebih parah. Selain menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa hal ini tentu mengganggu aktivitas.

Selain menggunakan obat yang diberikan dokter, asupan makanan dan minuman juga perlu diperhatikan agar pemulihannya menjadi lebih cepat.

Disini kami informasikan makanan apa saja yang baik untuk membantu penyembuhan syaraf kejepit.

1. Pisang
Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk metabolisme kita. Jika kekurangan kalium koneksi antara syaraf akan menjadi lemah. Karena seseorang yang menderita syaraf kejepit bisa disebabkan karena kurangnya asupan kalium, dibutuhkan asupan kalium, maka pisang jelas adalah salah satu makanan yang wajib untuk di konsumsi.

2. Alpukat
Satu lagi buah yang bisa membantu menyembuhkan syaraf terjepit, yaitu buah alpukat yang memang mengandung lemak tinggi. Alpukat juga mengandung kalium tinggi dan vitamin E yang tinggi. Lemak yang terkandung di dalam buah berwarna hijau dengan daging lembut ini pun juga termasuk lemak yang baik.

3. Jus Jeruk
Minuman yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh adalah jus jeruk. Mengonsumsi jus jeruk juga bisa meningkatkan daya serap kalium dari setelah konsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jus jeruk juga baik dikonsimso karena kandungan vitamin-C nya yang tinggi.

4. Susu Skim
Selain minuman jus jeruk, susu skim juga bisa di nikmati selama masa pemulihan syaraf terjepit. Susu skim berfungsi sama dengan jus jeruk. Ketika mengonsumsi makanan berkalium tinggi, daya serap kalium harus tinggi juga, maka mengonsumsi susu skim adalah solusi tepat. Selain itu, masih ada kalsium juga yang dapat diperoleh dari minuman ini sehingga penyembuhan pun bisa menjadi lebih cepat.

5. Bayam
Sayuran hijau juga direkomendasikan untuk para penderita syaraf terjepit. Karena kalsium tinggi di dalam jenis sayur ini bisa lumayan tinggi, berikut juga dengan kandungan zat besinya. Bayam juga adalah jenis sayur yang mampu menyembuhkan maupun mencegah nyeri akibat syaraf kejepit.

6. Ikan Salmon
Penderita syaraf kejepit membutuhkan kalsium tinggi, maka ikan juga dapat dimasukkan ke dalam menu makan harian. Ikan salmon adalah salah satu yang paling disarankan untuk penderita syaraf terjepit. Selain adanya mineral, pada ikan juga terdapat omega-3 tinggi beserta vitamin D khusus pada ikan salmon. Untuk per 110 gram ikan salmon, ada kalsium sebanyak 250 mg yang terkandung di dalamnya.

7. Gandum Utuh
Sorgum, jagung, oatmeal, serta gandum adalah jenis-jenis makanan yang juga baik untuk kesehatan syaraf kejepit yang tengah dalam masa penyembuhan. Beras merah pun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan magnesiumnya sangat tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan keadaan tulang. Jumlah serat serta karbohidrat kompleksnya cukup tinggi sehingga baik untuk tubuh.

Makanan pantangan untuk syaraf kejepit

Sebenarnya pada HNP tidak ada pantangan makanan yang khusus untuk mencegah rasa nyeri. Tapi ada juga sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari.

Makanan-makanan di bawah ini apabila dimakan ketika syaraf kejepit belum sembuh, justru efeknya bisa sangat buruk.

-Minuman bersoda.
-Buah durian.
-Makanan yang berkandungan lemak jenuh tinggi.
-Kopi dan segala minuman berkafein.
-Daging ayam.
-Jeroan
-Daging kambing.
-Minuman dingin atau yang memakai es.
-Daging sapi.

Selain melakukan terapi syaraf kejepit dan memerhatikan konsumsi sehari-hari, hindarilah melakukan aktivitas yang telalu berat termasuk olahraga ataupun mengangkat benda yang terlalu berat. Tidurlah dengan alas yang rata dan konsumsi juga obat paracetamol untuk meredakan rasa nyeri.

Hindarilah melakukan pemijitan dan juga turunkanlah berat badan apabila memiliki berat badan yang berlebihan.
Oke sekian, semoga bermanfaat.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *