Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Pernapasan – Hubungannya dengan Nyeri Leher, Stres, dan Hidup Sehat


Apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita sakit leher kronis? Tarik napas dalam-dalam sambil melihat ke cermin dan perhatikan apa yang terjadi pada bahu Anda. Kebanyakan orang, terutama mereka yang mengalami nyeri leher, mengangkat bahu dengan setiap napas dalam gerakan melompat-lompat. Ini disebut disfungsi pola gerakan, yang memberikan tekanan luar biasa pada otot dan persendian leher.

Jika terdapat pola pernapasan abnormal, otot dan sendi leher digunakan secara berlebihan berkali-kali setiap menit. Hal ini menyebabkan ketegangan berlebihan, peradangan dan nyeri. Jika pola ini tidak diperbaiki, akan sangat sulit untuk mengatasi nyeri leher dan bahu kronis.

Ketika seseorang datang ke kantor saya dengan disfungsi pola pernapasan, mereka biasanya tidak menggunakan diafragma mereka sebagai pemicu utama pola motorik pernapasan. Menggunakan otot leher dan bahu untuk memulai dan menjadi pembangkit utama pola ini bermasalah pada berbagai tingkatan. Seperti disebutkan sebelumnya, peradangan dan nyeri leher kronis sering kali dapat terjadi; tetapi ada masalah yang lebih dalam dan terkadang lebih serius.

Saat leher dan bahu memulai pola pernapasan, napas seringkali menjadi dangkal. Artinya, pertukaran udara hanya terjadi di bagian atas paru-paru. Mayoritas area permukaan di paru-paru yang tersedia untuk pertukaran oksigen / karbon dioksida terletak di paru-paru bagian bawah. Dengan demikian, kadar oksigen dalam tubuh dapat ditekan. Lama-kelamaan hal ini dapat menghasilkan lahan subur bagi banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Dalam jangka pendek, ini dapat menghasilkan respons stres tingkat rendah. Bahkan kadar Karbon Dioksida dalam darah yang sedikit meningkat dapat diartikan oleh tubuh sebagai kemungkinan zona bahaya. Jadi, ini dapat menyebabkan pelepasan adrenalin dan reaksi stres otonom lainnya. Kasus terburuk bisa menjadi serangan panik besar-besaran. Mengevaluasi dan mengoreksi disfungsi pola pernapasan dapat menjadi alat yang sangat ampuh dalam menangani nyeri leher dan tubuh. Salah satunya dengan melakukan terapi penanganan syaraf kejepit.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *